Beberapa orang mungkin mengalami masalah ketika sedang berusaha menyerap informasi, terutama dalam kondisi kelas atau pertemuan yang teramat sangat membosankan. Akibatnya, kita yang ikut dalam kegiatan itu menjadi tidak konsentrasi dan mengantuk bahkan tertidur. Sewaktu berada dalam kondisi seperti ini, banyak orang yang lebih memilih untuk tidur dan melewatkan informasi atau pelajaran yang disampaikan, tetapi setelah selesai pelajaran maka muncul penyesalan yang mengganggu. Apalagi ketika menjelang ujian dan materi ujian tersebut tidak ditemukan dimana pun terkecuali dari penyampaian dosen.


Mengantuk memang sangat manusiawi, tetapi ketika itu muncul di saat yang tidak tepat, kita perlu mengupayakan hal itu agar tidak terjadi. Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda dalam menanggulangi ngantuk di kelas, yaitu :



"Pilih Makanan Yang Tepat"

Untuk dapat terhindar dari rasa kantuk, membawa makanan ke dalam kelas juga perlu dilakukan supaya kita tetap fokus pada pelajaran yang disampaikan. Tapi, tidak semua makanan bisa digunakan untuk menahan rasa kantuk. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi, karena meskipun bisa menambah tenaga, namun faktanya makanan manis justru membuat orang menjadi tambah mengantuk. Ketika kita berkunjung ke kantin dan makan makanan manis, kemudian kembali ke kelas, maka kita akan tambah mengantuk. Cobalah untuk memakan permen asam, pedas, atau kopi.



"Motivasi tetap yang utama"

Motivasi untuk belajar memang memegang peranan yang sangat penting dalam mencegah rasa kantuk. Niatkan dalam diri anda bahwa anda memang membutuhkan informasi yang disampaikan oleh dosen. Sehingga anda seolah-olah menjadi orang yang haus informasi.



"Segarkan mata anda"

Pembawaan yang membosankan membuat anda akan semakin jenuh dan mengantuk, bahkan tertidur. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah pergi keluar kelas sejenak atau alihkan pandangan anda  ke luar jendela sehingga mata anda menjadi lebih segar.



"Buatlah catatan sesuai selera anda"

Mencatat memang kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang, tetapi catatan juga bisa menjadi sarana untuk menghilangkan rasa kantuk anda. Caranya adalah gunakan imajinasi anda untuk mengaitkan informasi yang anda dengarkan dengan simbol-simbol yang bisa anda ilustrasikan di buku catatan anda. Pakailah berbagai warna sehingga terlihat lebih menarik.



"Minta Bantuan Pada Air"

Langkah lainnya adalah memanfaatkan air untuk menghilangkan rasa kantuk anda. Perbanyak minum air putih dan basuhlah wajah anda dengan air sehingga suasana tubuh anda menjadi lebih segar.



"Tunjukkan keberadaan anda!"

Langkah yang paling mujarab menurut saya adalah dengan cara menunjukkan diri anda di kelas. Ketika anda aktif di kelas, maka rasa kantuk anda akan berkurang bahkan hilang. Ketika anda mengajukan argumen di kelas, maka otak anda akan dirangsang untuk tetap berkonsentrasi, paling tidak anda akan menunggu respon dari dosen tentang argumen yang anda sampaikan. Selain itu, kecenderungan dosen ketika anda menyampaikan argumen, dosen itu akan menjadikan anda sebagai pusat perhatiannya dan anda akan sangat sulit untuk mengantuk.



Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa kantuk di kelas. Namun, rasa kantuk tidak akan sering muncul apabila anda memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, gunakan cara-cara di atas ketika anda memang sudah beristirahat sebelumnya, karena tubuh kita memang sangat membutuhkan istirahat. Jika anda sudah beristirahat namun masih mengantuk, silahkan gunakan cara-cara tersebut. Selamat Mencoba.

Posting Komentar

  1. Makasih atas informasinya.sangat membantu sekali sob.

    BalasHapus
  2. sama2..
    terimakasih sudah berkunjung.. :)

    BalasHapus
  3. Mantaappp... maaf nih aku mungkin nyontek2 banyak tulisan ini, maklum siswa sy doyan ngantuk klo lgi belajar... izin copy dan share yaahh... makasih.. From: Labudi Relawan Sidrap

    BalasHapus
  4. makasih atas informasinya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. makasih atas informasinya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. waaaah infonya sangat bagus ne, jangan lupa mampir ke blog saya juga http://tipspendidikanku.blogspot.com. terimakasih

    BalasHapus
  7. Klo mau bangun lebih awal dan sempat sholat subuh, waktu di sekolah gak ngantuk kok
    Kecuali klo udah jam tidur siang, paling enak bubuk

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. kopi ini baik ndak sih min untuk menghindari kantuk? sebab katanya bisa membuat skit jantung juga, apabila konsumsi berlebihan

    BalasHapus
  10. hahahaa...untung saya bukan siswa lagi, jadi gak akan bakalan ngantukan di kelas lagiii

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK