Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur?

Beberapa orang memang memiliki kebiasaan tertentu yang dilakukan sebelum tidur. Seperti memeriksa ponsel, minum segelas susu cokelat, merokok, dan masih banyak lagi. Namun sebetulnya tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Berikut penjelasan lengkapnya:
  1. Menggunakan alat elektronik
Studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic pada tahun 2013 menyebutkan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop atau menonton TV sebelum tidur dapat mencegah produksi hormon melatonin. Hormon ini berguna dalam membantu seseorang untuk tidur. Hindari penggunaan perangkat elektronik paling tidak 1 jam sebelum Anda tidur, dan pastikan berjarak paling tidak 30 cm dari wajah Anda.
  1. Minum kopi
Secangkir kopi mengandung 80-120 mg kafein, dan kafein bisa berada di dalam tubuh paling tidak hingga 12 jam lamanya. Bahkan pada beberapa orang, minum kopi saat makan siang bisa mengganggu kualitas tidur pada malam harinya.
  1. Makan pedas atau berlemak
Makan dalam porsi besar dan berdekatan dengan jam tidur dapat membuat Anda kesulitan tidur. Apalagi jika yang Anda konsumsi adalah makanan pedas atau berlemak, karena bisa menyebabkan asam lambung Anda naik dan memicu GERD. Hindari makan paling tidak 2 jam sebelum tidur, agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk mencernanya.
  1. Minum alkohol
Ketika tubuh Anda memetabolisme alkohol, tidur REM (Rapid Eye Movement) akan berkurang sehingga Anda merasa lelah saat bangun dan sulit berkonsentrasi. Selain itu, alkohol juga bersifat diuretik dan membuat Anda terbangun terus-menerus untuk buang air.
  1. Merokok
Kebanyakan orang menjadikan rokok sebagai ‘pelarian’ untuk merasa rileks. Namun nyatanya, nikotin yang terkandung di dalam rokok bersifat stimulan dan dapat membuat insomnia Anda bertambah parah. Terutama jika Anda merokok mendekati waktu tidur. Jadi, jika Anda perokok dan mengalami kesulitan tidur, sebaiknya pertimbangkan untuk segera berhenti.
  1. Minum air dalam jumlah banyak
Minum air putih yang cukup memang baik untuk mencegah dehidrasi, terutama jika Anda tidur di ruangan ber-AC. Namun, sebaiknya hindari minum air dalam jumlah yang banyak sebelum tidur. Hal ini untuk menghindari Anda terbangun terus-menerus untuk buang air, yang tentunya bisa mengganggu kualitas tidur.
  1. Berolahraga terlalu berat
Olahraga teratur memang dapat membantu mengatasi insomnia dan mengatur siklus tidur yang baik. Namun, berolahraga terlalu berat sebelum tidur justru dapat membuat Anda sulit tidur. Hal ini terjadi karena aktivitas fisik berat seperti olahraga dapat memicu pengeluaran hormon adrenalin, yang dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Alih-alih melakukan tujuh kebiasaan di atas, carilah kebiasaan yang dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. Misalnya, melakukan meditasi sebelum tidur, mematikan lampu kamar, atau memutar musik klasik. Tidur pun tidak hanya menjadi nyenyak, tetapi juga menyehatkan.

Sumber : www.klikdokter.com

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK